Selasa, 06 November 2012

Terang Bulan alias Martabak Manis (yang empuuk..)

Hmm...ini kali kedua saya nulis resep panganan favorit : martabak manis alias terang bulan. Kurang puas dengan resep yang pertama, cari-cari lagi...akhirnya nemu resep yang menurut saya, lumayan lebih kecil resiko gagalnya. Namanya juga manusia, adaaaa ajaaa gak puasnya *berasa tua dot com :p*.

Tapi sekali lagi balik ke selera ya, kalo lidahnya lebih cocok dengan kesan berat, kenyal, & padat, silakan pake resep yang ini.  Bagi yang suka empuk, boleh nyicip resep di bawah ini. Saya ngintip resepnya mba Aini (thanks ya mba, btw blognya cute deh, suka bacanya ^_^). Sebenernya bahannya ga jauh beda, cuma takarannya aja kali yaa.. yang berubah. Wes yuuk... dicoba aja...

Bahan Martabak Manis :
250 gr tepung terigu serbaguna
400 ml susu segar
1 butir telur (medium size)--ini saya pake telur kampung
30 gr gula castor--saya pake gula pasir butiran
½ sdt garam
½ sdt baking soda
Gula pasir, untuk taburan
saya tambah vanili, sedikiiiit.

Bahan isi : 
Susu Kental Manis putih, meises, keju cheddar parut, cincangan kacang, dll...bebas deh sesuai selera..


Cara membuat:
-Ayak tepung terigu sampai halus.
-Campur semua bahan adonan martabak manis, KECUALI BAKING SODA-nya. Aduk sampai halus tercampur rata, boleh disaring sampai tidak ada sisa gumpalan adonan. Kalo males ngaduk kayak saya, boleh di-mixer sebentaaar aja, pake speed rendah, sekitar setengah menitan aja.
Tutup adonan & diamkan selama 1 jam-an dalam suhu ruangan.

Cuma tak tutup pake plastik saja..

- Siapkan loyang martabak, atau kalau ga ada, gunakan wajan teflon berdiameter 18-20 cm. Panaskan wajan sampai merata panasnya. Ingat, API KECIL itu penting. Apalagi yg wajannya murah meriah kayak punya saya (baca: dijamin palsu, hahay... *bangga pulak*), penggunaan api kecil bisa membantu hasil kulit yg cantik (kayak di salon aja :p). Makanya, di resep yang ini, nawaitu saya kecilin lagi apinya....malah nyaris mati tuh... hihihi...

waktu manasin wajan, sebelum adonan dituang, saya tutup sebentar wajannya biar panas lebih merata
*eh, ho oh po ra yo?*
-Sementara itu, campur baking soda dengan beberapa tetes air, asal larut saja, lalu masukkan ke adonan martabak manis. Aduk rata.
- Tuang sekitar adonan martabak manis ke wajan yang panas (tandanya, si wajan berbunyi cesss.. kyk iklan minyak :D). Masak dengan api kecil, sampai terbentuk gelembung-gelembung udara di permukaan adonan.

-Taburi sedikit gula pasir, lalu tutup wajannya.
-Tetap masak dengan api kecil, sampai permukaan adonan martabaknya berpori-pori dan kering.
-Angkat martabak manis, pindahkan martabak manis yang sudah matang ke talenan. Olesi dengan mentega/margarine…dan isi sesuai selera...taruh di piring...

 
sisa dua...laper apa laper? :)))))










Tapi kok serat-seratnya keliatan dikit ya...semacam tidak berpori-pori gitu? saya juga bingung.. ada yg tau knapa? *halah*
Padahal sebelum di-filling, tampilannya kayak gini...


 


Dari segi tekstur dan rasa... saya lebih cocok pake resep ini...  kapan2 diuji coba lagi deh, biar serat-seratnya lebih narsis , hehe....tetap smangat mencoba ya! :)







































7 komentar:

  1. siip... matur nuwun bagi2 resepnya mbak nana. ini makanan favorit suamiku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sami2 mba Nina...met mencuba, smoga cucok ya...salam tuk kluarga :)

      Hapus
    2. Mba, baking soda dimasukkan setelah atau sebelum adonan didiamkan selama 1 jam ? Thanks

      Hapus
    3. Kpn2 nyoba aahhh,,,laziz bgt dah 😍😍

      Hapus
  2. yg bikin berserat itu baking sodanya ya mba?

    BalasHapus
  3. Mbak ini gak pake fermipan (ragi instan)ya? Aneh ngeliatnya, kok bisa berpori kayak gitu kalo gak pake ragi instan?

    BalasHapus
  4. Nice Info.

    Buat teman-teman yang mungkin pernah coba resep yang page ragi instan, kalo boleh ngasih masukan, baiknya gak pake ragi instan. Cukup soda kue saja. Kalau pake ragi instan penampakannya jadi kaya bolu dan terasa agak asam. Resep ini udah mantap.

    Tukang martabak tidak pake ragi hanya soda kue saja. Tapi kalau tidak pakai ragi memang perlu teknik yang agak rumit perlu ada yang ngajarin langsung.

    Kalau mau belajar bikin martabak saya siap membantu. Cukup beli loyang martabak saja Rp 265.000,- (loyang standar tukang martabak) Nanti kita ajarin langsung sekalian delivery order loyangnnya.

    Yang mau belajar konfirmasi melalui sms aja ke no 0877-89-2222-09 (khusus untuk wilayah JABODETABEK) kalau luar kota kejauahan.

    BalasHapus