Minggu, 04 November 2012

Bolu Kukus 'Mekrok' 10 menit

Wewww... dah lama absen orek-orek blog yaa... maklum, ribet banggeet... mulai dari gagal lahiran di Jogja tercinta, nyiapin kebutuhan new baby sendirian, sampe setelah lahiran dioyak-oyak kudu pindahan rudin... walhasil boyongan sambil mringis2 ngampet periih...haiiisshh... jangan dibayangkaaann yaa... :p

Ya wes, gapapa, yg penting ngarsip resep jalan terus, qiqiqi...walo sementara ini bikin yang simpel-simpel aja...hehe...

Posting sekarang tentang bolu kukus mekrok alias mekar, sengaja cari
resep yang bikinnya ga pake lama...mengingat bikinnya disela-sela baby H tidur...yak, cukup 10 menit-an aja, tapi jangan dihitung sama manasin kukusan, nyuci baskom, whisk, dll ya... lamaan beres-beresnya kaliii....hahay...


Resepnya pake resep NCC, saya baru pertama kali coba...kapan2 pengen coba resep jadul yang pake air soda ah... penasaran :)

Oh iya, saya bikinnya cuma stengah dari resep di bawah ini, jadi 16 cup, saya ambil 3 buat cicip2 di rumah, sisanya buat kudapan bapak2 tukang yang nge-rehab rudin... lumayan, ga usah jauh2 ke kota cari panganan :)

Bahan:
450 gr  gula pasir
500 gr  tepung terigu
1 sdt     BPDA
4 btr     telur
300 cc  air putih / susu encer / santan (saya pake santan encer :) )
1 sdm   emulsifer (abaikan juga nooo problem :) )
1 sdt     essence pisang (saya pake pasta pandan)
Cara ke-1:
Kocok semua bahan 10 menit, tuang di cetakan yang telah dilapisi kertas, lalu kukus selama 10 menit.
Cara ke-2 :
Campur tepung terigu dan baking powder double acting (BPDA), ayak, sisihkan.
Kocok gula, telur dan emulsifier hingga kental, masukkan tepung dan santan bergantian sambil diaduk hingga rata, beri pasta, aduk rata.
Pisahkan sedikit adonan, beri pewarna. Tuang kedalam cetakan: warna dasar yang ditimpa adonan warna tambahan pada bagian atas (sekitar 1 sdm), kukus selama 10 menit.

Ini hasilnya....selamat mencobaaaa... ^_^

Yesss!! seneng bgt, hasilnya sukses 'ngakak', hehe.... note: daku pake cara yang kedua :)

Oh iya, di lain hari, karena ga punya ide lain, saya bikin lg nih bolkus mekrok dg resep sama, tapi pake susu, penasaran apa masih bisa mekrok ya? saya pakenya susu cair yang dicairkan *nah lho! :D*, karena stok susu UHT plain-nya mepet banget, akhirnya saya tambah air putih, hihi...trus pengen ada nuansa lain, saya taburi meises... hasilnya...mmm... anggap aja bunga mawar deh ya? ya?ya? *maksa tingkat monas :p*. Begini penampakannya...









Pengennya si meises tetep berbentuk bintik2...tapi ini malah leleh, hehe...








































Tidak ada komentar:

Posting Komentar