Jumat, 22 Maret 2013

Pennylane Brownies

Brownies panggang yang satu ini, termasuk menu tersohor di kuliner kue dunia maya. Dah sering denger, dah sering liat gambarnya, tapi tidak berminat nyoba. Saya pikir brownies panggang rasanya ya gitu-gitu aja... 

Nahh..kemaren ndhilalah ada yang order brownies...wahhhh, gedandhapan deh saya...lha wong selama ini menyepelekan yang namanya brownies panggang. Setelah mengumpulkan niat dan semangat, akhirnya saya cari resep dan kembalilah mata ini tertumbuk pada satu resep brownies yang ngetop beberapa tahun yang lalu *wehh, kemana aja saya ya?? yg lain mungkin dah bisa bikin ini sambil tutup mata, lhaaaa ini saya baru aja mau bikin, hihihi...gapapa wes :p*.

Setelah mengamati resep dan review yang ada, saya jadi tambah penasaran....dan mulailah menimbang bahan. Saat membuat adonan, rasa penasaran itu kok tiba-tiba jadi rasa pengen ya, hahaa... 

Yo wes lah, bikin juga dikit aja...tapi karena males ngolesin loyang, jadilah saya panggang adonan dalam pinggan kaca. Daaan ini hasilnya....


Kalau saya bilang sih...rasanya: enakkk!!! Hanun bilang gitu juga. Kalau si Ayah sih tidak bilang apa-apa, tapi tau-tau 5 potong brownies lenyap dalam sekejap olehnya :p

Monggo, yang mau order ke saya silakan, kalau saya pas diberi sehat dan kondisi memungkinkan, insya Alloh saya buatkan, tapiiii...kalau emang pengen bikin sendiri yaaa...gak masalah, silakan. 

Hanya pesan saya : give the best for your family, selalu usahakan penggunaan bahan-bahan yang Halal yaa. Itu memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin kan :)
Berikut resepnya:

Pennylane Brownies
(sumber: cakefever.com, resep aslinya punya mba Riana)

Bahan:
4 butir telur
360 gram gula pasir
225 gram minyak goreng
60 gram cocoa powder
210 gram tepung terigu
½ sdt garam
1 sdt vanili bubuk
120 gram kenari/kacang tanah/mede cincang dan sangrai (saya pake almond)
85 gram Chocolate Chips

Cara membuat:
Panaskan oven suhu 180C, alasi loyang dengan kertas roti dan olesi dengan margarin atau minyak goreng. Pastikan oven sudah cukup panas sewaktu adonan dimasukkan. Oven yang sudah cukup panas akan memunculkan lapisan coklat tipis transparan di permukaan brownies, membuat tampilan brownies semakin cantik. Kalau suhu oven kurang panas, lapisan ini tidak akan muncul. Selain itu pengocokan gula juga harus sampai larut. Bila dua hal ini sudah terpenuhi, biasanya lapisan tipis mengkilap ini akan muncul di bagian atas brownies.

Kocok telur dan gula sampai mengembang dan kental. Masukkan vanili dan garam. Masukkan tepung dan cocoa powder sambil diayak dan diaduk perlahan dengan spatula. Setelah adukan rata, masukkan minyak sambil diaduk perlahan. Lalu masukkan kacang dan chocolate chips. Untuk permukaan brownies dapat ditaburi almond slice atau kacang lain sesuai selera.

Setelah semua adonan tercampur rata, tuangkan di loyang yang tingginya 4 cm. Tinggi loyang jangan lebih dari 4 cm supaya brownies matang sempurna. Resep ini muat di dua loyang 30 cm x 10 cm. Panggang selama 35 menit. Angkat dan dinginkan sebelum dipotong-potong.


Met mencobaa... :)
































Tidak ada komentar:

Posting Komentar