Rabu, 16 Maret 2011

Donat Kentang

Assalamu'alaikum temans... alhamdulillaah...bisa nulis lagi, mumpung bidadari kecil saya sudah sudah terlelap di awal petang tadi....(krn seharian absen bobok). Ditemani suara jangkrik n gelap (gelap sungguhan, krn lampu teras n ruang tamu sedang pantang dinyalakan krn konslet berat :( ) saya coba mengingat2 kisah kasih saya dengan si donat kentang. Donat kentang mengingatkan saya pada bapak saya yang sering membeli produk ini di depan sebuah toko grosir besar di jl.kaliurang, jogja. Menurut saya rasanya hambar, tp saya sempat melakukan pembenaran sendiri, dg pertimbangan mungkin segmentasi mereka adalah para pecandu 'awas gula' yang mencari alternatif pangan, selain nasi. Dan saya saat itu juga tidak tertarik untuk membuatnya sendiri, karena dengan bersepeda motor 10 menit dari rumah, saya bisa dg mudah mendapatkan donat 'ngetop' bukan kentang :D. 

Daaan...semenjak saya kembali mengikuti suami merantau, awal Desember 2010, entah knapa suatu hari saya 'sakaw' dengan donat... demikian pula dg putri saya yang sekian kali merengek minta donat. Pernah kami 'nekad' membelikan dia sebentuk donat di kota ini, tp kok kurang gimanaaa gituu...apalagi melihat pewarna topping yang digunakan...(hihi, dasar ibu yg ribet). Jadiii yaa...sesampai di rumah, mulailah saya dirasuki sebuah penyakit bernama penasaran (halah...). So, dgn sisa-sisa tenaga, qiqiqi, jadilah saya browsing sana-sini, tibalah mata saya berkedip pada sebuah resep karya Bu Fatmah-NCC, sesuai bahan yang mudah ditemukan di sini....

Oya, saya menggunakan resep di bawah ini dengan takaran kira-kira saja, misal:  500gr tpg terigu=dikira2 separo dari total kemasan terigu 1kg :D  ;   200 gram kentang= 3 butir kentang ukuran sedang :D   ; 100ml air=seperempat gelas beling seukuran gelas belimbing :D   50gram susu bubuk=2 sdm muncung  :D 
Ya,ya,ya semua dikarenakan saya blum punya timbangan tepung!
*nabung, nabung* ^_^

Bginilah hasilnyaaa...empuk, mengenyangkan, rasanya agak 'ndeso' tapiii...itulah yg saya cari! Unik.

Ya, penampakannya msh kurang sempurna, harap maklum krn pembuatannya disambi momong anak n mberesin rumah, tp lumayan laa  yg penting dah berusaha, hihihi..

Berikut resepnya:

Donat Kentang
(Source : Fatmah Bahalwan)

Bahan:
500 gram tepung terigu protein tinggi
50 gram susu bubuk
11 gram ragi instan
200 gram kentang, kukus, haluskan
100 gram gula pasir (saya kurangi jadi sekitar 75 gram)
75 gram mentega
1/2 sendok teh garam
4 butir telur
100 ml air dingin

Cara:

Dalam wadah, campur tepung terigu, susu bubuk, ragi instan, aduk rata. Masukkan kentang halus, dan kuning telur. Uleni hingga rata dan setengah kalis. Kemudian tambahkan mentega dan garam. Uleni hingga kalis elastis. Istirahatkan selama 15 menit. Bagi adonan masing-masing 50 gram, bulatkan, diamkan 20 menit, hingga mengembang. Lubangi tengahnya, goreng hingga matang.


Met mencoba, pasti bisa! ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar