Kamis, 10 Maret 2011

Bolu Gulung

Assalamu'alaikum... 

Bolu Gulung atau bolgul adalah salah satu cake yang sudah cukup tua, setidak-tidaknya buat saya, hihihi, soalnya perasaan sejak saya masih belum sekolah, dah sering liat, dari toko kue bonafid sampe di pasar tradisional di jogja. Hati saya serasa runtuh seketika saat tahu snack di acara2 yang saya ikuti-sejak kecil sampai sekarang-salah satunya adalah bolu gulung, pfffhhh. Pun, entah sudah berapa puluh kali saya melihat ibu saya (beliau seorang baker) mengeluarkan bolgul dari oven,  walopun saya hanya melihat, sekali lagi hanya melihat lho ya...hihihi... Hwaah pokoknya seriiiing banget liat, hingga.. akhirnya.. selera saya mengena pada sebuah titik bernama bosan. 

Tapi semenjak kehadiran si oven mini beberapa minggu lalu, saya jadi tertarik untuk nyoba2 resep. Tadinya si oven mini dibeli setelah saya dan suami ngobrol2 n sama2 merasa butuh alat memanggang n menghangatkan masakan. Singkat cerita, saya browsing resep n coba bikin bolgul, tp tentu sajaaaa.....dalam ukuran mini, krn ovennya pun miniii sekali...hehe... n ternyata hasilnyaa...nyesel, knapa cm bikin setengah resep yakk?? :))

Ini dia resep n penampakannya.....monggo dicobaaaa....n siapkan lidah untuk kelembutannyaaa... ^_^
BOLGUL MINI
(saya ambil dr resepnya bu Fatmah B-saya bikin setengah resep)

Bahan: 
15 kuning telur
150 gram gula pasir
75 gram tepung protein sedang (saya pake segitiga biru)
175 mentega, kocok hingga mengembang dan pucat

Cara membuat:
- Kocok telur dan gula hingga kental, sisihkan.
- Masukkan mentega kocok ke dalam campuran telur, gula, aduk rata.
- Tuang ke dalam loyang mini yang sudah diolesi margarin n dialasi kertas roti.
- Oven selama 15 menit pada suhu 180 derajat C, hingga matang.
- Angkat, keluarkan dari loyang, balik ke atas kertas roti, olesi dengan selai (saya pake selai marmalade n strawberry), lalu gulung perlahan, hingga padat. Dinginkan dalam lemari es, kemudian dipotong-potong. 

Ingin lebih nikmat? sajikan dengan secangkir teh atau kopi susu :)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar