Minggu, 18 September 2011

Fruit Pie (Pie Buah)

Bismillaahirrohmaanirrohiim...
Wah, dah lama buwanget nganggurin si blog. Daripada bengong (si kecil lg bobok, si ayah lagi ke luar kota, n lagi hujan duereees banget), saya coba menghalau sunyi dengan posting.
Fruit Pie ini, saya buat pertama kali pas bikin cemilan Halal Bihalal di sekolah Hanun, ga nyadar kalo si Ayah lagi ngamatin prosesnya. Nah, pas lagi konsen ngaduk vla, tiba2 Ayah masuk dapur dan minta dibuatkan Fruit Pie jenis sama dg ukuran besar sebagai hantaran silaturahim, keesokan harinya di Medan. Hmm...yo wes, karena stok bahannya masih ada dan mumpung badan lagi sehat, saya oke-kan saja.
Ini penampakan mini fruit pie yang saya buat untuk acara di sekolah Hanun. Karena tidak punya cetakan mini pie, saya pake cetakan mini bolu kukus saja, hehe...hasilnya kurang rapi....tapi lumayanlah, msh bisa dinikmati :)

 








 




Saya pake resep KULIT PIE dari NCC:
Bahan kulit Pie:
250 gr tepung terigu, serba guna
1/2 sdt garam
125 gr margarin
5 sdm air es
Bahan Vla :
500 cc susu
100 gr gula kastor (saya pake gula pasir biasa
5 btr kuning telur
30 gr tepung maizena
1 sdm mentega
1 sdt vanilli extract
Bahan Topping :
  • Aneka buah, spt strawberi segar iris tipis, kiwi, anggur hijau, anggur merah, jeruk mandarin kaleng, atau buah lain spt semangka, melon yg dibentuk bulat, dan lain-lain.
Bahan Siraman:
1 sdt agar-agar putih
100 cc air
1 sdt gula
(didihkan ketiga bahan ini, sisihkan)


Cara membuat :
  • Uleni bahan kulit hingga menjadi adonan liat, gilas tipis, cetak pada cetakan pie kecil, tusuk-tusuk bagian bawahnya dengan garpu agar pie tidak menggelembung, oven hingga matang. Lebih kurang 20 menit, dengan suhu sekitar 165 derajat C.



Vla :
  • Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, campur kuning telur, aduk rata, sisihkan.
  • Rebus susu dan gula hingga mendidih, masukkan campuran maizena dan kuning telur, aduk cepat, biarkan mendidih sekali lagi. Angkat. Sisihkan.
Penyelesaian:
  • Isi mangkuk pie dengan vla, hias dengan potongan buah, siram 1 sdt agar-agar bening.
Tips:
untuk mengantisipasi supaya kulit pie tidak melempem terkena vla panas, maka sebelum dituang vla, dasar kulit pie terlebih dahulu saya olesi dengan coklat blok (DCC) yang dicairkan, seperti ini:



Dan ini hasil akhirnya...  sayang banget, fotonya gelap, karena terburu2 banget, jemputan dah dateng, ga sempat buka gorden depan, asal klik! saja >_<




Selamat mencobaa....pasti biiiiiiiiiiisaaaa... ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar