Jumat, 03 Oktober 2014

LAMINGTON CAKE

Setelah sekian lama off dari dunia per-ovenan karena kondisi badan serumah lagi kompakan drop, akhirnya coba lagi deh... kebetulan besoknya mau njagong manten dan mampir ke Latbar BKR Medan untuk pertama kalinya. Tadinya bingunggg mau bikin potluck apa, pikir-pikir... sekalian bikin PR grup LBT aja ah (Let's get Baking Together), mumpung udah lamaaa ga garap PR *lhooo mbolos kok mumpung :p*. Yasud...dipilihlah LAMINGTON CAKE, dengan resep hasil utak atik sendiri. Bikinnya dadakan nih, nunggu anak-anak tidur dulu, biar emaknya feel freee... :D.

Cake ini berasal dari Australia, yang tercipta tanpa sengaja. Konon katanya dibuat oleh chef Lord Lamington yang menjatuhkan sepotong kue dalam larutan coklat. Untuk menutupi 'kecelakaan' ini, si chef membalurnya dengan kelapa kering. Banyak versi tentang asal-usul Lamington Cake, baik dari penamaannya, atau pembuatannya. Biasanya dibuat dari cake dasar jenis butter cake atau pound cake.

Saya memilih membuatnya dari sponge cake, dengan pertimbangan cake ini jenis cake potong yang perlu pemotongan simetris dalam finishingnya. Sedangkan buttercake adalah jenis cake bertekstur remah, menurut saya akan kurang rapi bentuknya. Tentuuu saja pertimbangan ini khususon buat saya yang bikinnya dadakan, disambi wara-wiri nyusuin si kecil....walhasil jam 23.30 baru kelar *udah super ngantuuuk*, hihi... tapi lumayan puas dengan hasilnya.... sisa trim pinggiran cake sukses dicemal-cemil duo H... :)



Ini pakai sponge cake vanilla, filling stroberi jam... yang rasa pandan tanpa filling, tidak sempat difoto...

Setelah packing selesai, baru muncul ide 'hemat energi', yaitu sekalian buat bekal sekolah esok harinya.... hehe.... ini tampilannya....


Saya potong jadi dua lagi, cocok buat mulut anak2 yang mungil... just one bite! :)
Monggo...ini resepnya....

LAMINGTON CAKE
by nanahanuna kitchen

Bahan Sponge Cake:
8 butir telur utuh
200 gram gula pasir
200 tepung terigu protein sedang
1 sdm susu bubuk
1 sdm maizena
100 gram unsalted butter, cairkan
sepertiga sdm emulsifier (rumit kali bikin takarannya yaaa :p)
pasta pandan
selai stroberi paletta

Bahan coklat siram:
DCC: susu UHT = 2:1, misal 250gram : 125 ml (saya pakai UHT Mimi-Vanila, kemasan putih-krem, di Siantar cuma 1 toko yang jual...>_<  rasanya lebih yummiii...cobain deh, hehe)

Bahan taburan:
Kelapa parut disangrai dg api kecil, aduk terus sampai kering

Cara membuat:
Panaskan oven 180 dercel.  Kocok telur , gula pasir, emulsifier, sampai adonan mengembang, kental, berjejak. Masukkan tepung+maizena+susu bubuk, aduk rata, boleh mix dengan speed rendah hingga rata. Masukkan butter cair, aduk balik. Tambahkan pandan. Tuang dalam 2 buah loyang 24x24x24cm. Panggang hingga matang. Dinginkan.

Tim DCC yang sudah dipotong2 kecil, masukkan susu UHT, aduk hingga tercampur rata.

Cara penyajian:
Potong spongecake kotak2. Bisa dibelah dua, olesi selai, lalu tangkupkan kembali. Atau boleh potong kotak biasa tanpa selai. Olesan bisa berupa butter cream/whipcream/ganache/dll sesuai selera.  

Masukkan potongan cake ke dalam kulkas 5-10 menit. Lalu celupkan 5 sisinya dalam coklat. Jika permukaan coklat siram sudah kaku, taburi kelapa kering.  Sajikan.

Selamat mencobaaa...... ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar