Selasa, 05 Januari 2016

CILOK

Seledri & Daun Bawang Hidroponik-Wick, sebagai bahan pembuat cilok Hidroponik :)

Kali ini saya ingin posting catatan buat menu yang satu ini, yang kalo bikin nggak cukup cuma 1 resep, minimal 2 resep :D

Kayaknya nggak perlu lagi diterangkan ya, Cilok alias "Aci Dicolok" itu apa...di Jawa Barat kerap disebut Cilok, di Jogja lebih kerap dikenal dengan nama bakso-baksoan atau bakso Kojek....hmmmm, teringat jajanan masa kecil :)

Resep cilok sebenernya banyak versi... tergantung selera. Intinya, cilok dibuat dari adonan tepung terigu dan tepung sagu (bisa diganti tepung tapioka/kanji). Bagi yang giginya kuat ngunyah  tekstur kenyil2 dominan, perbanyak tepung sagunya. Bila ada masalah dengan gigi, sebaiknya perbanyak jumlah tepung terigunya. Naah...kalo saya, biasanya milih yang netral, jadi perbandingan tepung terigu dan tepung sagu=1:1.
Sebelum masuk ke resep, saya rekomendasikan pakai sayuran pelengkap seperti seledri/loncang/bawang daun hidroponik, seperti yang saya pakai ini, karena menurut saya, selain sehat, wanginya juga lebih syedaaap.
Resep saya ambil dari founder LBT, mbak Ricke...(suwuuun ya mbak), monggo dicoba...

CILOK

Bahan:

200 gram tepung sagu tani (sagoo/tapioca)
200 gram tepung terigu (all purpose flour)
2 siung bawang putih (garlic), haluskan
1 sdt garam (peres)
1 sdt kaldu bubuk (optional)
1/4 sdt merica bubuk
2 batang daun bawang (diganti pakai seledri juga enak), iris halus
400 ml air (bisa berbeda takarannya tergantung kondisi tepung masing-masing, gunakan secukupnya saja)

Air secukupnya untuk merebus cilok
Isian (optional)  :
Keju cheddar parut (gak pake isian juga ga apa-apa, seperti cilok tradisional)

Pelengkap:
Sambal Kacang
Saus sambal
kecap
( kalau saya: kacang tumbuk + saos sambal+kecap+ air matang)
Cara membuat:
1. Campur dan ayak tepung sagu tani dan tepung terigu. Tempatkan dalam wadah. Tambahkan daun bawang dan aduk rata. Sisihkan.
2. Panaskan air, tambahkan garam, kaldu bubuk dan merica bubuk. Biarkan hingga mendidih. Matikan api. Angkat.
3. Masukan air kaldu panas-panas ke dalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dan diuleni menggunakan sendok kayu. Uleni hingga kalis dan bisa dipulung. (Pakai feeling ya, klo dirasa sudah cukup kalis hentikan penambahan air, klo dirasa masih terlalu kering airnya bisa ditambah)
4. Ambil sedikit adonan, pipihkan, beri keju cheddar parut. Bulatkan. Jika tidak menggunakan isian adonan langsung dibentuk bulat-bulat saja. Bulatkan sebesar bakso.
5. Rebus cilok dalam air mendidih hingga mengapung. Biarkan agak lama direbus setelah mengambang. Sekitar 15 menit. Angkat, kemudian masukkan ke dalam panci kukusan, kukus cilok sampai benar-benar matang dan empuk. Sajikan panas dengan pelengkap sambal kacang, saus sambal botolan dan kecap manis bila suka.
 *Lebih enak jika dinikmati selagi hangat

Salam cilok! :)

1 komentar: