Senin, 11 Mei 2015

Roti Manis (Sweet Bread)

Bentuknya masih acakadut... hihi... kudu latihan lagiii...

Roti manis, favorit kami berempat, lidah rasanya asem kalo dalam sebulan tidak makan roti manis *lebay ding...:D. Kalau di Jogja, rasa yang paling juara, roti sobek produk G*ta Anj*na. Kalau di Siantar, mungkin banyak.... ada sih, beberapa toko roti ngetop di sini, cuma saya yang kurang sreg beli...karena...tidak jelas ke-Halal-annya... alhamdulillah, suami dan anak-anak mau mengerti dan memakluminya, hehe. Selain Halal, tentu yang jadi pertimbangan masalah komposisi bahan yang agak 'ngeri' kalau dikonsumsi terus-menerus.

Singkat cerita, daripada saya kelamaan mikir, cuma garuk-garuk kepala bingung bin lapar, mending coba bikin sendiri deh... yaaah, walaupun hasilnya masih jauh dari sempurna... yang penting anak-anak dan suami doyan... ^_^


 
Bisa dijadikan hantaran teman yang sakit atau untuk oleh-oleh..... :)







































Nah....ini yang dibikin roti sobek, keliatan ya... serat lembutnya? :)
Ini salah satu resep idola saya, resep roti manis yang lembut tanpa tambahan bread improver, yaitu dengan metode water roux atau Tang Zhong. Satu resep, bisa dibuat bermacam-macam bentuk sesuai selera: roti sobek, pizza, caterpillar bread (roti ulat), dll. Sumonggo...
Roti Manis- Metode water roux 
Source Ricke(founder LBT)

Water-Roux-Paste/Tang Zhong:
25 gram terigu protein tinggi 
125 ml air 

(Water-Roux Paste/Tang Zhong)
Cara membuat Tang Zhong:
Campur terigu dan air hingga rata. Panaskan di atas api kecil sambil diaduk-aduk menggunakan whisk hingga mengental membentuk paste. Tidak perlu sampai mendidih meletup-letup. Warna paste-nya putih susu. Jika sudah berwarna keabu-abuan berarti sudah terlewat dan tidak bisa dipakai. Jika punya candy termometer, bisa diukur suhu pastenya sudah mencapai sekitar 65'C.
Angkat. Aduk-aduk hingga agak hangat. Tutup dengan plastik wrap biarkan dingin sampai waktunya dipakai.

Dough/Adonan Utama Roti:
375 terigu protein tinggi 
100 gram terigu protein sedang 
35 gram susu bubuk
1 sdt bubuk vanilla susu
75 gram gula kastor 
1 sdt garam 
11 gr / 3 sdt ragi instant 
2 kuning telur, kocok lepas 
150 ml air es (penggunaan air disesuaikan dengan kebutuhan, bisa lebih atau kurang, tergantung kondisi adonan masing-masing)
50 gram butter / margarine 

Egg wash/Bahan Polesan:
1 kuning telur, kocok lepas
2 sdm susu cair
Butter, untuk memoles setelah matang agar permukaan menjadi mengkilap 

Cara membuat:
1. Ayak terigu dan susu bubuk ke dalam baskom besar atau bowl mixer. Tambahkan gula kastor dan bubuk vanilla susu. Aduk rata. Masukkan ragi instant. Aduk rata.
2. Masukkan water-roux paste/tang zhong dan kuning telur. Aduk hingga merata.
3. Secara bertahap sedikit demi sedikit masukkan air es sambil diuleni hingga adonan kalis. Perhatikan kondisi adonan masing-masing, jika adonan sudah cukup kalis dan air masih bersisa tidak perlu ditambahkan lagi. Begitu pula sebaliknya, jika air sudah habis tapi adonan masih terlalu kering, airnya bisa ditambah.
4. Masukkan garam dan butter. Lanjutkan menguleni hingga seluruh butter tercampur merata pada adonan dan licin.
5. Pindahkan adonan ke atas meja kerja yang telah ditaburi sedikit terigu. Lanjutkan menguleni sampai adonan kalis dan elastis. Bulatkan adonan. Taruh dalam wadah yang telah diolesi minyak goreng. Tutup dengan plastik wrap atau serbet lembab. Diamkan untuk proses proofing selama 1 jam atau sesuai kondisi ruangan masing-masing, hingga mengembang 2x lipat.
6. Kempeskan adonan. Uleni lagi sebentar. Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai berat yang diinginkan. Misal dibuat dengan berat masing-masing 60 gram. Dapat sekitar 17-18 roti. Diamkan 10 menit.
7. Bentuk adonan dan isi lalu Tata dalam loyang yang sudah dipoles margarin. Tutup dengan plastik wrap. Diamkan kembali untuk proofing kedua selama 30 menit. Poles dengan egg wash. Panggang dalam oven dengan suhu 180-200'C hingga matang dan permukaannya kecoklatan. Sekitar 15-20 menit. Keluarkan dari oven. Panas-panas poles dengan butter permukaannya.



Demikianlah.... selanjutnya.... met mencoba ya! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar