Selasa, 08 April 2014

Pie Susu Ala Bali

Alhamdulillah, bisa nyicil posting lagi. Beberapa bulan off karena tiada sempat, huhuhu. Sbelum ngetik ini aja, kudu mbersihin coretan si kecil di layar LED monitor komputer dulu, sekali lagi, di layarnya lho ya..bukan di tampilan layarnya, di-grafiti pake bolpen! huaaa :D.

Posting begini, selain sekedar ngisi blog, buat saya bisa jadi relaksasi... melepas penat, bosan, dsb... jadi saya tidak perlu dihipnotis biar jadi relaks, cukup dikasih waktu nulis acakadut begini aja, hihi...
Kali ini saya nyoba bikin Pie Susu yang lagi ngetop di dunia kuliner, sering disebut oleh-oleh khas Bali....saya baru sekali ngerasain Pie asli-nya...kalo dibandingin sama yang ini, berani diadu deh, hehe....yuukkk kita simak tampilan dan cara bikinnya....


Saya bikin beberapa varian topping : original, crispy coklat pink, bluberry, pandan, basket

Untuk resep, basic-nya saya pake resep mba Ricke (makasih ya mba!) dengan modifikasi sesuai selera.

Egg Tart (Pie Susu)

Bahan kulit/crust:
300 gram margarin/butter
2 sdm gula halus (munjung)
3 kuning telur
500 gram tepung terigu protein sedang

Cara membuat:
Campur semua bahan menjadi satu menggunakan sendok kayu hingga adonan berbutir-butir dan tercampur rata. Padatkan dan bulatkan hingga mudah dipulung. Cetak dalam cetakan pie yang sudah dioles tipis dengan margarin/minyak oles loyang. Sisihkan.

Bahan filling:
300 ml susu kental manis .
400 ml air
8 kuning telur, kocok lepas
30 gram tepung custard (saya pakai maizena)
1-2 sdt vanili

Cara membuat:
Setelah susu kental manis dan air diaduk rata, masukkan kuning telur. Kemudian masukkan maizena dan vanili. Aduk kembali hingga rata, saring jika perlu.
Tuang adonan susu ke dalam adonan kulit pie yang sudah dicetak sampai penuh. Panggang dalam oven suhu 160'C selama 45 menit hingga filling set dan menguning.
Angkat dan keluarkan dari oven. Diamkan sekitar 10 menit hingga hangat, baru keluarkan dari cetakan. Dinginkan. Simpan di lemari es/kulkas agar lebih nikmat.

 Selamat mencobaaa.... ya ^_^









Tidak ada komentar:

Posting Komentar