Sabtu, 08 Oktober 2011

MU-Blackforest Cake

Ini cerita yang masih hangat, Manchester United Cake ini diorder oleh mama Zahra+Naufal untuk suami tercintanya, untuk tanggal 8 Oktober pagi, saya bikin shubuh tanggal 8 :)
Maksud hati, tanggal 7 malam saya cicil membuat dekorasi logo MU dengan teknik frozen buttercream, yg blum pernah saya bikin sebelumnya. Seiring dengan flu yang menyergap dan printer yang (saya kira) rusak, saya tahankan mata untuk melek, menunggu bantuan ayah Hanun yang  pulang DL malam harinya.
  Akhirnya logo berhasil di-print. Segera, saya tempelkan pada kardus tebal, sebagai alas, dilapisi plastik tebal sebagai alat 'sablon'nya. Mulailah tangan ini menari di atasnya, bersama tinta buttercream. Hampir selesai si logo dibuat, tiba-tiba si Ayah mengingatkan.."lho, tulisannya apa ga kebalik nanti, ma?". Saya masih berpikir nyantai, ahh, nanti kan bisa dipakai bagian atasnya, tanpa perlu membuat lapisan alas ( pemikiran nekad saya, berbeda dengan kata buku dan internet yang selama ini saya jadikan panduan).

Setelah puas 'menyablon', si logo saya masukkan freezer dan ditunggu sekitar 2 jam-an, untuk melihat kondisinya, sedikit saya kelupas bagian samping, dan tampaknya berhasil! akhirnya saya pun bisa tertidur lelap.

Esok paginya, setelah membuat blackforest base cake, dan meng-cover-nya dengan buttercream, dengan PD-nya saya ambil hasil sablon semalam, dengan perkiraan, tidak sampai 1 jam dekorasi akan selesai. Ternyata eh trnyata... ketika coba utk mengelupas plastik tempel si logo, ouuchh...si logo terlalu rapuh dan retak dengan suksesnyaa....hikss...lemaaas dengkul saya seketika. Segera saya sms mama Naufal minta dispensasi 30 menit, untuk mencari ide yang lain, alhamdulillah beliau tidak masalah. Berkali-kali saya pandangi cake yang masih polos dan si logo yang hancur lebur karena kesalahan teknis 'nekad' tadi malam. Akhirnya saya pikir, tidak ada jalan lain...kecuali mengambil sisa tinta buttercream, dan segera bertindak...sebelum jam 10.30 tiba.

Inilah hasilnya...  selesai jam 10.15.

yeah.. I dun believe what I did, finally I painted on it! :D

Agar tetap memberikan ciri khas blackforest, di tiap sudut cake saya sematkan red cherry dan menaburi sekeliling logo 'manual' dengan serutan coklat. Note dari pemesan  supaya diperbanyak coklatnya, jadi blackforest ini ber-filling ganache spesial. Terdiri dari 2 layer cake blackforest NCC, tiap layer bersiram homemade-simple syrup (sebagai pengganti air cherry hitam--di kota kecil ini mana ada yang jual >_<).

Walaupun dekorasi cake ini masiiih sangaaat jauuuh dari kata apik, tapi kudu diambil manfaat hikmah di dalamnya, bagi saya khususnya ^_^ bahwa:
1. untuk meminimalisir rasa kecewa, ikuti setepat mungkin panduan teori (buku/internet/apapun), jika baru pertama kali mencoba sebuah teknik, baru setelahnya boleh modifikasi.
2. t-e-l-i-t-i  teknik sebelum bertindak ;p

Untuk mama Zahra, maafkan ya...kalo hasilnya tak serasi harapan, mama Hanun emang kudu lebih banyak blajar lagi nii... jangan kapok bertandang ke nanahanuna kitchen kembali ya... hope you & famz would enjoy this cake :)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar